Mengenal Program Dinas Pertanian Pandeglang




Kantor Dinas Pertanian Pandeglang 

Dinas Pertanian Pandeglang merupakan bagian dari Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang yang bertanggungjawab dalam meningkatkan nilai tambah sektor pertanian dan berkontribusi pada indikator pembangunan di Kabupaten Pandeglang. Oleh karena itu penetapan program dan kegiatan yang tepat akan menentukan

Sektor Pertanian merupakan sektor prioritas sebagaimana tertuang dalam Visi dan Misi Kabupaten Pandeglang. Secara tersurat visi Kabupaten di ujung barat pulau jawa ini menginginkan adanya harmoni antara agrobisnis, wisata bisnis dan maritim bisnis menuju rumah sehat dan keluarga sejahtera tahun 2020. Selanjutnya terkiat dengan misi, tugas dan tanggungjawab Dinas Pertanian adalah membantu pimpinan daerah untuk meningkatkan nilai tambah sektor pertanian di Kabupaten Pandeglang.

Visi atau cita-cita tersebut telah diuraikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Pandeglang dan telah pula dielaborasi dalam Renstra Dinas Pertanian dalam bentuk tujuan, sasaran, program dan kegiatan. Adapun program-program Dinas Pertanian yang diharapkan dapat menunjang visi dan misi Kabupaten Pandeglang adalah sebagai berikut:

Program Peningkatan  Produksi, Produktivitas dan Mutu Produk Pertanian Berkelanjutan 
Sesuai dengan SOTK Baru, Dinas Pertanian memiliki 6 Bidang dan 1 Sekretariat. 6 Bidang tersebut diantaranya adalah Bidang Tanaman Pangan, Hortikultura, Peternakan, Perkebunan, Penyuluhan dan Bidang Sarana dan Prasarana. Fokus peningkatan produksi ada pada komoditas-komoditas strategis baik hortikultura, tanaman pangan, peternakan dan perkebunan. Selanjutnya Bidang Peyuluhan dan Sarana Prasarana diharapkan menjadi penyokong utama dalam mencapai tujuan peningkatan produksi.

Program Penelitian dan Pengembangan Informasi IPTEK 
Pembangunan kedepan diarahkan pada pembangunan berbasis kawasan, oleh karena itu, fokus utama program ini adalah ditetapkannya kawasan-kawasan Pertanian berdasarkan hasil kajian sehingga pembangunan pertanian secara umum dapat terarah dan terukur. Selain itu, program ini juga sebagai wadah akomodati bagi kegiatan-kegiatan penelitian dan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang pertanian.

baca juga:
Kunjungan Bupati Pandeglang ke Dinas Pertanian

Program Perlindungan Tanaman, Ternak dan Masyarakat Veteriner.
Usaha on farm sektor pertanian merupakan usaha yang fully high risk terutama pengaruh dampak perubahan iklim yang kian hari semakin nyata adanya. Perubahan iklim berpengaruh pada serangan hama dan penyakit tanaman dan ternak. Oleh karena itu, program ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk kegiatan-kegiatan pengendalian hama dan penyakit tanaman/ternak, mengedukasi petani untuk tahu dan mau mengantisipasi perubahan iklim dan memahamai antisipasi serangan hama dan penyakit tanaman / ternak.

Selanjutnya program ini juga diharapkan dapat mencegah perkembangan penyakit ternak yang sifatnya zoonosis (menular dari ternak ke manusia) seperti Anthraz, Avian Influenza, dan sebagainya. Program ini pula diharapkan dapat mewadahi upaya dinas pertanian dalam menyampaikan pesan dan pengawasan makanan asal hewan yang dikonsumsi dengan prinsip Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

Program Perluasan Jaringan Bisnis, dan Pasar Produk Pertanian
Program ini merupakan program vital dalam upaya meningkatkan nilai tambah sektor pertanian, mulai dari pengolahan hingga promosi dan pemasaran produk pertanian unggulan yang ada di Kabupaten Pandeglang.

Program Pengembangan Kelembagaan SDM dan Penyuluhan
Penyuluh dan petani sebagai pelaku utama adalah ujung tombak pembangunan pertanian, infrastruktur yang baik, alanggah hebatnya jika didukung oleh kualitas sumberdaya manusia dan kelembagaan kelompok yang baik. Posisi petani sebagai entitas yang memiliki nilai tawar rendah diharapkan dapat diperbaiki dengan adanya kualitas kelompok tani atau gabungan kelompok tani yang memadai dalam mengembangkan usaha tani (unit produksi), menjadi wahana kerjasama dan wahana belajar.

Program Penyediaan dan Pengembangan Prasarana dan Sarana Pertanian
Peningkatan produksi dan nilai tambah hasil pertanian akan tercapai jika didukung oleh penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang memadai, baik sarana pra panen maupun pasca panen. Infrastruktur irigasi, Jalan Usaha Tani, penyediaan Alat dan Mesin Pertanian, penyediaan pupuk dan pestisida, serta adanya jaminan asuransi usaha tani dan ternak menjadi kegiatan prioritas dalam program ini.

Informasi terkait dinas pertanian dapat dilihat di sini

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.