Pentingnya Kajian Kawasan untuk Mambangun Pertanian

Kajian kawasan pertanian merupakan faktor penting untuk membangun pertanian yang lebih baik
 (pict: sismarketresearch.com)


Membangun pertanian yang lebih baik tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Perlu perjuangan, kerja keras dan strategi yang jelas. Membangun pertanian berbasis kawasan merupakan salahsatu strategi yang patut dicoba, agar bantuan pemerintah lebih fokus dan terukur.

Selama ini harus diakui, jika pola pembangunan di Indonesia, termasuk di Kabupaten Pandeglang belum sepenuhnya berbasis pada kawasan. Pola hibah/ bansos dan bottom up policy melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) harus didasarkan pada kajian kawasan.

Kabupaten Pandeglang tentu sudah memiliki dokumen Rencana Tata Ruang dan Rencana Wilayah (RT/RW). Akan tetapi dokumen tersebut tidak secara detail menggambarkan pada komoditas apa yang layak dikembangkan, berikut kesiapan kelembagaan petaninya.

Selain itu, Kementerian Pertanian dan Pemerintah Provinsi Banten juga telah menetapkan kebijakan, mengenai fokus komoditas pertanian yang akan dikembangkan sesuai dengan master plan pertanian di Provinsi Banten. Adanya kajian kawasan komoditas pertanian diharapkan dapat membantu pemerintah di setiap level untuk fokus mengembangkan produk unggulan pertanian.

Beberapa manfaat penting kajian kawasan pertanian diantaranya, pemerintah daerah dapat menentukan kawasan pengembangan di daerahnya berdasarkan kajian akademis. Selain itu, daerah dalam hal ini Dinas Pertanian juga mampu mendesain peta jalan pembangunan pertanian, memetakan potensi kelembagaan serta  mengetahui komoditas yang cocok untuk dikembangkan berdasarkan peta kesesuian lahan.

Dinas Pertanian Kabupaten Pandeglang sejak tahun 2015, bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) telah menghasilkan beberapa dokumen kajian diantaranya: Kajian Pengembangan Kawasan Hortikultura, dan Kajian Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

Selanjutnya di tahun 2017, masih bersama IPB Dinas Pertanian juga tengah menyusun kajian Kawasan Peternakan dan Delienasi Lahan Pertanian. Kedepan Dinas Pertanian juga diharapkan mampu menyusun kajian kawasan perkebunan. Sehingga semua sektor memiliki pijakan yang terukur untuk melakukan pembangunan pertanian di Pandeglang. (Aj)





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.